Teknologi Informatika

NAMA         : ABDUL KADIR
NIM             : 202151014
KELAS        : NON REGULER 
MATKUL    : TEKNOLOGI INFORMATIKA


Sejarah Komputer dan Perkembangannya dari Generasi ke Generasi

Sejarah komputer secara garis besar dipisahkan menjadi dua era, yaitu era sebelum tahun 1940 dan sesudah 1940. Sebelum 1940, komputer hanya berfungsi sebagai kalkulator, sedangkan setelah 1940, komputer sudah melewati lima kali perubahan dan masih terus berkembang. Berikut ini sejarah perkembangan komputer dari generasi ke generasi yang dilansir dari laman Universitas Negeri Gorontalo.

1. Abacus hingga Kalkulator

Sebelum tahun 1940, komputer hanya berfungsi sebagai alat hitung. Pertama, sekitar 5.000 tahun yang lalu dibuat abacus yang berasal dari Mesir, kemudian dibawa ke Cina dan dikenal dengan nama cipoa atau sempoa atau swipoa.

Kemudian muncul kalkulator roda numerik 1 pada 1642 yang ditemukan Blaise Pascal saat berusia 18 tahun. Bentuknya yaitu memiliki delapan roda bergerigi yang bisa menjumlahkan angka sampai 8 digit.

Kemudian tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfried Wilhelm von Leibniz (1646-1716) masih menggunakan roda gerigi miliki Pascal. Dia juga memperbaiki mesin hingga dapat mengalikan angka.

Charles Xavier Thomas de Colmar lalu menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar, yaitu kalkulator mekanik atau arithmometer. Alat ini masih digunakan hingga masa Perang Dunia I.

2. Komputer Generasi Pertama

Terjadinya Perang Dunia II mendorong terciptanya komputer generasi pertama. Era ini terjadi kisaran tahun 1942 hingga 1959. Awalnya Jerman membuat komputer Z3 untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali. Sementara Inggris berhasil menyelesaikan Colossus yang fungsinya memecahkan kode rahasia yang digunakan Jerman dalam Perang Dunia II.

Seorang insinyur Harvard, Howard H Aiken yang bekerja sama dengan IBM juga memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Ukuran kalkulator mencapai setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. Fungsinya untuk menghitung aritmatika yang lebih kompleks.

Di sisi lain muncul juga Electronic Numerical Integrator And Computer (ENIAC) yang dibuat oleh pemerintah Amerika Serikat yang bekerja sama dengan University of Pennsylvania. Komputer ini menjadi mesin yang sangat besar dengan 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder.

John von Neumann bersama Tim University of Pennsylvania mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) pada tahun 1945. Kemudian tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model Neumann tersebut.

3. Komputer Generasi Kedua

Pada tahun 1960-an, komputer generasi kedua ini mulai berkembang dengan penggunaan transistor untuk menggantikan tube vakum sehingga ukurannya lebih kecil dibandingkan generasi pertama. Komputer generasi kedua juga sudah menggunakan memori inti magnetik yang berfungsi menyimpan data sehingga lebih cepat ketika memproses data.

Beberapa contoh komputer generasi kedua yaitu Stretch, LARC, DEC PDP-8, IBM 1401, IBM 7090, dan IBM 7094. Komputer generasi kedua ini sudah banyak digunakan di berbagai perusahaan, terutama untuk kepentingan bisnis.

4. Komputer Generasi Ketiga

Pada generasi ketiga di kisaran 1965-1971, komputer sudah semakin baik dalam hal hardware maupun software. Seiring dengan penemuan Integrated Circuit (IC) dalam komponen komputer, perangkat komputer menjadi semakin kecil tanpa mengurangi kemampuannya, dan bahkan semakin meningkat.

IC ini ditemukan oleh Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument tahun 1958. Pada era ini, perkembangan komputer dapat maju dengan pesat dibandingkan generasi-generasi sebelumnya.

5. Komputer Generasi Keempat

Komputer generasi keempat muncul kisaran waktu 1980-an. Pada masa ini, komputer semakin maju dalam segi kecepatan, penyimpanan, hardware maupun software. Komputer pun semakin banyak dipasarkan, termasuk pula komponen-komponennya.

Kemajuannya antara lain menyatukan berbagai IC menjadi komponen VLSI (Very Large Scale IC). Produk komputer saat itu antara lain Intel Pentium I, Celeron, Pentium II, Core i3, i5, i7, Ivy Bridge (buatan Intel), dan ada juga AMD K6, Athlon. Beberapa software yang banyak digunakan ialah word dan spreadsheet. Komputer pun muncul dalam bentuk video game seperti Atari 2600.

6. Komputer Generasi Kelima

Komputer generasi kelima mengalami sejumlah perkembangan pesat hingga sekarang ini. Dari segi bentuk sudah semakin kecil dan praktis. Dari segi software, komputer sekarang sudah dapat digunakan sesuai keinginan manusia. Bentuknya pun sudah bermacam-macam hingga sangat kecil seperti smartphone dan jam tangan. Pengembangan pun terus dilakukan dan entah seperti apa nanti komputer generasi keenam.

Manfaat Teknologi Informasi di Bidang Bisnis

Dengan memanfaatkan teknologi informasi di bidang bisnis akan memberikan dampak positif yang besar untuk jalanya bisnis yang kita bangun. Berikut beberapa manfaat penting teknologi informasi dalam bidang bisnis:

1). Munculnya peluang bisnis baru (E-business), 

        Dengan semakin majunya teknologi dan informasi akan mendorong beberapa orang untuk menciptakan beberapa peluang yang sangat menguntungkan dan sebagai modal bisnis yang sangat menguntungkan. Contohnya pemanfaatan kemajuan teknologi dan komunikasi adalah google. Di mana search engine google banyak digunakan untuk mencari sesuatu di internet dan perusahaan google akan mendapatkan banyak keuntungan.

2). Mengurangi biaya produksi dan operasional, 

        Kemajuan teknologi dan informasi dapat membantu perusahaan dalam mengurangi biaya produksi sehingga perusahaan akan mendapatkan keuntungan yang besar dengan mengeluarkan pengeluaran yang sedikit. dan mengurangi operasional sehingga perusahaan dapat menambah jumlah produksi di setiap barang produksinya.

3). Mempermudah proses komunikasi dan monitoring setiap karyawan, 

        Mempermudah proses komunikasi dan monitoring setiap karyawan yang bekerja, sehingga karyawan tidak perlu repot-repot datang ke ruang rapat dan berkumpul bersama, dan bisa melakukan teleconference untuk saling berkomunikasi mengenai beberapa ide. Hal tersebut membuat rapat menjadi lebih praktis dan juga dapat mengawasi kinerja para karyawan.

4). Akses informasi dan penyebaran informasi, 

        Mempublikasikan berita melalui internet dapat tersebar luas dengan cepat dibandingankan dengan enggunakan fax atau pos. Kita dapat menyebar luaskan informasi ke seluruh dunia dan dapat berinteraksi langsung melalui komputer.

5). Komunikasi yang cepat, 

        Fasilitas yang ada di internet banyak membuktikan kecepatanya berkomunikasi dengan orang yang dituju, seperti E-mail yang telah banyak digunakan untuk mengirim dan menerima dokumen. Chat atau video conferencing juga mempercepat komunikasi.

Jadi peran perkembangan teknologi informasi pada saat ini tidak bisa dipisahkan dari dunia bisnis, karena perkembangan teknologi informasi dapat memberikan berbagai keuntungan dan kemudahan dalam menjalankan aktivitas bisnis. Namun selain memberikan manfaat dalam bidang bisnis, teknologi infromasi juga dapat disalah gunakan dalam hal yang kurang baik. Oleh karen itu, untuk pengunaannya harus digunakan secara bijak.

Komentar